Sabtu, 18 Mei 2013

Menjadi bagian dari YES SUMMIT First Generation ^^

Young Engineer and Scientist SUMMIT 2013


Seluruh delegasi di depan perpus pusat ITS
Surabaya, 9-12 Mei 2013

Bismillah..,
Alhamdulillah di beri kesempatan oleh Allah untuk mengikuti konferensi Mahasiswa Nasional YES SUMMIT 2013 di ITS, setelah bulan April lalu dinyatakan lolos sebagai peserta Indonesia Youth Forum 2013. Sungguh merasa tidak percaya saat pengumuman peserta YES SUMMIT yang lolos ada namaku disana. Bahkan Aku tidak tahu kalau sudah ada pengumuman, jika tidak di mention temenku lewat FB. Masih teringat saat perjuanganku mendaftar YES SUMMIT ini. Sedikit cerita, semua berawal saat lihat ada temenku nge share terkait Summit ini. Dan terlihat ada tulisan “H-1 pendaftaran YES SUMMIT 2013” terus ku kepo deh ini sebenarnya Summit jenis apa.. hehe. Dan ternyata saat ku kepo, ngeliat atik TF 2010 lagi nanya2 ke admin terkait acara ini. Langsung deh berminat daftar dalam pikirku, karena jika nanti lolos minimal ada temennya si atik. Langsung mendaftar akun di web trsbt, mengisi form dll. Lalu baru sadar kalau ternyata di minta bikin semacam tulisan penelitian atau project berdasarkan cluster yang diminati. Akhirnya mlm terakhir pengiriman smua berkas, aku bertekad mengerjakan project itu. Karena malam itu banyak tugas kuliah yang harus ku kerjakan akhirnya baru sempat bikin project jam 10 malam, brainstorming idea, dll. Lebih parahnya lagi laptop tiba2 eror dan lemot, sehingga menghambat proses pengerjaan. Akhirnya berencana minjem laptop temen sekamar, namun harus nunggu sampai dia slsai mengerjakan tugas. Baru Mulai mengerjakan dengan benar dan tenang pukul 22.45.Tarik nafas panjang.., tenangkan fikiran dan focus. Akhirnya mulai menulis project di laptop, meskipun ngetik sambil melirik jam karena deadline terakhir pukul 23.59. Aku mengambil cluster Energy dan membuat project tentang bioenergi karena pernah juga mengerjakan project bioethanol sehingga masih tertarik hingga sekarang, entah kenapa meskipun ilmu ini tidak ku pelajari di jurusan. Namun aku sangat tertarik mendalami terkait ilmu ini karena bio energy sangat di butuhkan di Indonesia. Yes, Alhamdulillah projectnya selesai ku tulis pukul 23.50. langsung buka gmail.com untuk ngirim email ke panitia YS SUMMIT. Dan waktu ituu.., signal modem lagi lemot :’(  Refresh terus… Akhirnya email terkirim juga tepat pukul 23.59. dan saat itu juga ku marking biodata dan project ku. Setelah itu langsung deh tepar, krn mengingat seharian aktivitasku yang sangat padat.. Senang sekali rasanya akhirnya terkirim, terlepas dari nanti diterima atau tidak yang terepenting panitia sudah menerima kiriman tulisanku.

Kamis, 9 Mei 2013
      Berangkat pukul 07.30 dari kontrakan menuju lempuyangan, padahal jadwal kereta berangkat pukul 07.45. Akhirnya naik motor ngebut.., sampai stasiun temen2 dari UGM sempet panik karena menungguku. Kirain aku yang paling terakhir datang, eh ternyata ada mba rohmah yang baru smpe setelah aku :D berangkat ke Surabaya bareng2 dengan delegasi UGM dan rombongan yanuar dll juga yang ingin liburan panjang ke pulau sempu. Akhirnya tiba di Stasiun gubeng, surabay pukul 13.30, langsung menghubungi panitia agar di jemput. Karena miscom dari panitia.., akhirnya kita baru di jemput panitia pukul 14.30. Menunggu lama hampir 1 jam di stasiun dengan cuaca surabaya yang panas sekali, sehingga membuat kita serombongan menjadi kesal dengan panitia. Sesampai di tempat penginapan di Asrama Haji Surabaya, malamnya kita ada dinner bersama dengan asisten KEMENPORA RI dan penerbangan lampion serta menulis harapan2 untuk YES SUMMIT dkertas yang di tempelkan di pohon harapan. di pohon harapan itu tiap ranting di beri gambar logo 23 universitas. Yang merupakan universitas yang ikut di acara YES SUMMIT ini.
Saat penerbangan lampion :)
Tempelan harapan peserta di pohon  harapan
Jumat-sabtu, 10-11 Mei 2013
      Hari kedua dan ketiga penuh dengan kuliah umum, mulai dari kuliah umum pak ilham Akbar habibie, di lanjut kuliah umum dari ketua Persatuan Insinyur Indonesia, kuliah umum dari changemaker cluster Energy, Cluster IT, cluster Urban Living yang sungguh luar biasa dan di tutup kuliah umum dari pak Hatta rajasa (menteri perekonomian RI). Dan dilanjutkan FGD 1,2,3 yang output dari FGD itu kita membuat suatu project real yang bisa di realisasikan ke masyarakat sesuai dg cluster yang di pilih. Yang mana project tersebut nanti di presentasikan di hari ke empat. Satu Tim ku ada : Niqla (UGM), Ilham (Fisika UGM), Pram (Biologi UGM), Zulfikar (UI), tia (Un.Pontianak), Nindya (Undip), Iis (Unsri), Miswandi (Un.Riau), diah (ITS). Dan mereka sunggah luar biasaa :D kami bersama2 mengerjakan project ini hingga larut malam pada hari sabtu malam minggu.. haha
Foto seluruh delegasi saat kuliah umum pak hatta rajasa :D
Minggu, 12 Mei 2013
       Hari keempat sekaligus hari terakhir, full dengan presentasi project masing2 cluster. Dan penutupan oleh panitia yang disertai hiburan tarian Madura dan band dari ITS. Dan berakhir dengan sesi foto2 dari semua delegasi dan pembagian sertifikat. Terlihat kesedihan dari seluruh peserta karena akan berpisah dan keluar dari konferensi ini kita mempunyai amanah masing2 untuk merealisasikan project masing2 cluster. Dan di penutupan YES SUMMIT ini telah terbentuk ketua yaitu Muhammad Riki dari UI. Young Engineer and Scientist Summit ini merupakan konferensi pertama yang menghadirkan para engineer and scientist yang diadakan pertama kali di Indonesia. Acara selesai pukul 17.00 dan smua peserta pulang ke universitas masing2 dan smua rombongan UGM pun sudah berangkat naik bus yang disediakan panitia. Namun aku, atik, chay, faza dan puji utomo nekad tidak bareng rombongan karena kita ingin jalan2 dulu di Surabaya. Sungguh baik sekali pelayanan dari panitiaa.., kami ber lima diantar jalan2 oleh panitia naik mobil keliling surabaya untuk beli oleh2, namun tidak satupun tempat oleh2 yang kami dapatkan. Maklum LO dan Supirnya (Liza dan Adi ) adalah mahasiswa 2012 yang belum tahu banyak ttg surabaya :D sepanjang perjalanan kami keliling Surabaya diwarnai saling bulli dan kekocakan. Kami naik Bus perjalanan pulang ke Yogyakarta pukul 21.30 dari terminal Surabaya.

Foto kartu lebaran ala faza,atik,chay,niqla,puji di masjid surabaya :D

        “Berlelah-lelah lah kawan, karena manisnya hidup akan terasa ketika kita lelah berjuang”

Semoga forum angkatan ini tidak hanya sekedar menjadi panitia saja untuk YES SUMMIT angkatan berikutnya tanpa ada kontribusi nyata. Biar kita bisa menunjukan YESS ini adalah solusi buat Indonesia, dan melalui YESS ini pula kita mewujudkan cita-cita bangsa kita.

Hidup mahasiswa
Salam Membangun Indonesia

Thanks to :
-          - Adi dan Lisa yang sungguh baik, hingga menemani kita berlima jalan2 :D
-        Smua keluarga baruku di YES SUMMIT ini, kalian mengajarkanku banyak hal. Terutama untuk harus selalu peduli dengan bangsa ini.
-      Semua panitia Young Engineer and Scientist SUMMIT 2013 yang sungguh luar biasa sukses mengadakan acara ini.

2 komentar:

Irna Purwandari mengatakan...

deadliners bgt, tapi diterima, nice!
pengen deh tahun depan ikut :3

Niqlaa_san mengatakan...

hehehehe... yuuuk irna ikut tahun depan.., 2nd Young Engineer and Scientist Summit 2014 :3
bisa dipersiapkaan dr sekarang, proposalnyaa dek :)

Posting Komentar

komentar untuk sesuatu yang lebih baik

Template by:

Free Blog Templates