Jumat, 27 September 2013

Keluarga Inspirasiku


Kami bermula dari sebuah program Subdit PPKB UGM yang bertajuk SP2MP (Sahabat Percepatan Peningkatan Mutu Pendidikan). Katanya sih, kumpulan mahasiswa-mahasiswa aktif, prestatif dan dinamis yang diseleksi per fakultas dan diberi pelatihan Management Skill, Thinking Skill, Leadership Attitude dan Action Plan (bahasanya berat banget yak? :p). Dimana disebut SP2MP, pasti pada ngeri, wuaaah banget gitu, anak-anaknya rektorat nih..hhaha
Anyway, balik ke topik awal. Dari SP2MP ini aku bertemu dengan  orang-orang yang memang luar biasa. Luar biasa cara berpikirnya, luar biasa kritisnya, luar biasa aktifnya, luar biasa sibuknya, luar biasa hebatnya, luar biasa pinternya, luar biasa luar biasanya (bingung gak tuh? :D), tapi jangan dikira kami nggak bawel, gila, suka ribut, ooh tentu kami juga luar biasa dalam hal itu, tapi porsinya bisa diatur..:)
Singkat cerita, seleksi alam terjadi, hanya orang-orang yang berkemauan dan berkomitmen untuk meneruskan ‘ilmu’ di bidang traininglah yang ‘bertahan’ sedikit lebih lama daripada yang lain. Orang-orang yang sebenarnya banyak kerjaan tapi merasa ‘kurang kerjaan’. Orang-orang yang tak pernah puas dengan pencapaian yang biasa-biasa saja. Orang-orang yang bertekad menyalurkan sedikit ilmu yang telah dicuri dari pelatihan-pelatihan SP2MP untuk teman-teman yang belum berkesempatan mengikuti pelatihan tersebut. Daaaan, jadilah kami ber-dua puluh mengikuti pelatihan singkat Training of Team Trainer –disingkat ToTT- untuk mewujudkan sebuah training yang bertajuk ‘Training Maksimal, Mahasiswa Aktif Prestasi Optimal’
Training Maksimal digawangi oleh orang-orang bermental baja, yang siap setiap hari harus ‘bermukim’ di PPKB sampai malam untuk membahas konsep, rundown, ploting person, de el el, yang rela setiap hari kehujanan dari kampus ke PPKB, yang rela setiap malam harus tidur lebih larut karena masih harus mengerjakan tugas kuliah, yang rela dimarahi dan diberi peringatan tegas oleh ibu asrama karena pulang lewat batas waktu (eh, curcol, ups..:p), dan rela setiap hari berkutat dengan Modul training, list peralatan dan TNA alias Training Need Analysis. Semua itu kami lakukan semata-mata Untuk Indonesia yang Lebih Baaaiiik –pake suara dan logat mas budi..:D-, karena Masa Depan Indonesia ada ditangan kita, pemuda..: )
Rangkaian Training Maksimal sudah berakhir, lebih dari sebulan lalu, tapi semangat kebersamaan kami masih benar-benar membekas dalam ingatan dan hatiku. Kawan-kawanku ini benar-benar sosok luar biasa yang mampu membangkitkan semangat, memompa tekad dan melejitkan ikhtiar untuk berbuat semaksimal dan sebaik mungkin, apapun itu. Sungguh, jika Allah tidak mempertemukan kita dalam rencanaNya yang indah dibalik Maksimal, aku tak akan pernah tahu, bahwa kalian adalah kawan-kawan ter-Super yang pernah aku miliki. Oke, baiknya kita tahu, siapa saja orang-orang hebat dibalik layar Maksimal...

Mas Budiarjo (Geofisika 08)
“Buadalah, paijooo...” ditambah ngomong Inggris yang masih agak salah Spelling (piis maas...-.-v), ini adalah ciri khas dari seorang mas Budi. Kakak kami, inspirator kami, orang yang selalu ada untuk membimbing kami dan mengarahkan kami kembali ke jalan yang lurus jika kami melenceng terlalu jauh. Kami benar-benar mendapat kesempatan terindah karena bisa mengenalmu. Terimakasih tak terhingga untukmu mas, sudah mengajarkan kami arti dedikasi dan sinergi dalam tim. Terimakasih sudah menjadi sahabat yang selalu mengayomi dan mendampingi kami. TimTraining Maksimal tidak akan ada, tanpa mas Budi..:)

Mas Zainal Abidin (Kehutanan 09)
Ini  dia kakak kami, yang selalu siap sedia membantu kami, dalam hal apapun. Asistennya mas Budi –yang meskipun masih sering galau tapi super baik- ini sering memotivasi kami lewat kata-kata hikmah, hampir setiap hari menerima sms yang isinya luar biasa dari mas Zainal. Terimakasih kakak untuk semua support dan motivasinya, kami tak bisa membalasnya sekarang, biar Allah yang melihat dan menilainya..:)

Mas Zamzam Qomaruzzaman (Sastra Arab 09)
eh, ada mas yamyam, hihi..:p kakak kami satu ini paling nyentrik, lincah banget, bisa tiba-tiba ada disana, disini, di ujung barat, di ujung timur, bahkan di India. Tapiii, kami semua sayaang sama mas Yamyam, hehe, pasangan duet maut sama mas Budi sih, jadi kalo yang satu nggak ada rasanya nggak lengkap. Terimakasih mas atas semua bimbingan dan motivasinya selama ini. Selamat mengejar cita-cita, dan semoga cepet nikah..:p

Pak Gono (Staff PPKB)
Naaah, ini nih bagian paling krusial dari perjalanan Maksimal, supporting team. Pak Gono benar-benar seorang yang tangguh dan bisa diandalkan. Nanya tentang list perlengkapan apapun pasti dibantuin sama pak Gono. Dari nemenin kami ngelembur sampe telepon delivery order makan malam buat kami yang ngelembur di PPKB, itulah pak Gono. Selalu perhatian dan sayang sama kami semua. Pasti tanya-tanya “ Niqla kenapa kok lemes? Sakit po? Sini duduk dulu, atau mau makan?” ya Allah, benar-benar seperti pengganti ayah kami semua disini. Terimakasih tak terhingga pak untuk semua perhatian, dukungan dan kasih sayangnya untuk kami. Maaf karena mungkin kami tidak bisa menjadi anak-anak yang sepenuhnya baik, manis, dan patuh.

Mbak Ndari (Staff PPKB)
Ini dia bagian yang tidak kalah krusial, duit meen, duiit. Butuh berapa? Buat apa? Langsung deh keluar dari brangkas, hehe, mbak Ndari emang bener-bener berpengalaman di bidang duit-duit dan, konsumsi tentunya. Kalian tahu siapa yang menentukan dan memesankan makanan selama Maksimal yang mak nyus itu? Yaa mbak Ndari, udah keibuan, sayang banget sama kami ‘anak-anaknya’, perhatian banget, buadalaah udah expert banget laah pokoknya..:D Terimakasih Mbak Ndari untuk semua bimbingan dan bantuannya, kami benar-benar akan kehilangan logika tanpa logistik darimu mbak, hehe..:D

Anggit Adi Wijaya (Pembangunan Wilayah 10)
Hey ngapak-ers sejati, Ini dia, bapak kami semua. Partner kerja yang luar biasa. Rasanya nggak pernah ada kata capek untuknya. Meskpiun aku baru tahu ‘aslinya’ Anggit yang ternyata agak ‘gila’ juga pas di Maksimal ini, tapi itu tak mengurangi konsistensinya untuk terus menginspirasi. Tagline untuk kabinet barunya yang sudah dilaunching (belum traktiran lho nggit..:D) adalah Inspiratif Melayani. Benar-benar seorang Inspirator sejati bagiku. Benar-benar tidak cukup kiranya kata terimakasihku untuk ketua BEM Geografi 2013 ini, terimakasih untuk inspirasi tanpa batas dan teladan tanpa pamrih, terimakasih untuk semua keceriaan dan kebahagiaan yang selalu kau tularkan setiap kita semua berkumpul bersama..:)

Ahmad Nur Ardiansyah (PSDK 10)
Ardi Antik, yang kecil, tapi cabe rawit. Gimana nggak, dalam waktu yang sama menghandle 3 acara secara bersamaan, wuuuih yaa gimana ga makin kecil tuh badan di? Hehe, piis..-.-v tapi salut banget dah buat Ardi nih, total banget, makasih ya buat kerjasamanya selama ini. Tapi mbok kamu jangan sibuk-sibuk, semua-muanya mau ditangani, keteteran lhoo..:p anyway, terimakasih tak terkira juga untukmu, yang mengajarkanku arti kontribusi dan dedikasi..:)

Amelia Putri (Ekonomi 10)
Ameeeel, gadis Rambut Sunsilk –eh, kalo kamu ga pake shampo ini gimana ya?:D-, yang selalu ramah dan ceria, selalu ada dengan senyum lebarnya, selalu menyuntikkan semangat dengan suara khasnya, dan selalu on time mengumpulkan deadline tugas –modul, ppt, dll-. Aku paling suka belai-belai sama mainan rambutnya Amel yang luruuus panjang hitam dan berkilau itu, tuh kan udah cocok jadi model iklan shampo..:p Terimakasih Amel sayang atas inspirasi yang -mungkin sengaja atau tidak- tercermin dari sikapmu, benar-benar teladan yang baik..:) Tetep dijaga semangat dan senyumnya ya say, jaga kesehatan juga, oiya, aku suka rambutmu..:)

Arif Rahmat Kurnia ( Ilmu Gizi 10)
Eh, ada Ayip –berani taruhan, cuma aku yang dengan pedenya berani manggil Arif kayak gini-, Assalamualaika ya Akhi..:) waduuh, dari tampangnya aja orang udah pasti mengira ini cowok adalah ustadznya tim Maksimal, yaa bagian menyadarkan yang kesurupan, spesialis Ruqyah dan ditodong jadi imam sholat terus, yang bener cuma yang terakhir. Haha, sumpah aku ketawa nih inget joke-nya cowok-cowok pas mau sholat jamaah, masa’ milih imam diukur dari panjang Jenggotnya? Ya pasti Arif menang laah, hahaha...:D Tapi pepatah ‘don’t judge a book by it’s cover’ tuh berlaku banget buat Arif lho. Dibalik ‘penampilan’nya yang bagai seorang ustadz kawakan, Arif tuh asyik banget orangnya, pendengar dan pemberi solusi yang baik, kakak yang baik (eh, yang waktu itu dateng ke AAU beneran adeknya kan?:p atau T*n*ng*nnya??:D), partner yang baik, teladan yang baik, imam yang baik dan semua-muanya baik deh. Terimakasih tak terhingga ya buat Ayip, maaf kalo aku selama ini bersikap agak ‘kurang ajar’ sama kamu, the one i want is just ‘buat arif tersenyum lebih lama dari biasanya’, ceileeee,,, hust hust, udah jangan rame..:p. Sekali lagi terimakasih buat semuanya ya teman..:)

Bisma Ridhowi (TPHP 10)
“ Selamat Pagi Maksimalis” dengan suara TOA dan senyum yang khas sekali, membuat Bisma menjadi satu-satunya MC handal tak tergantikan di Maksimal. Yupp, kayaknya bawaan lahir deh dikasi bakat suara yang cetar membahana gitu, hehe..:D. Terus, Bisma juga orang yang paling fasih menirukan gaya mas Budi ‘buadalah, paijooo..’ haghaghag..:D. Kakak panitia yang menginspirasi menurut peserta maksimal ini emang joss banget dah, multitasking dan multitalent (udah kayak Komputer..:p). Meskipun banyak diprotes, bahkan oleh hampir semua punggawa maksimal, cara ketawa Bisma yang khas susah sekali untuk dilupakan, udah jadi trademark itu lhoo (bacanya pake gaya Bisma ngomong yaa..:p). And then, izinkan aku mengucapkan beribu maaf atas semua kesalahanku dan terimakasih yang sebesar-besarnya untuk semua bantuan dan inspirasinya, terimakasih untuk jadi pendengar dan pemerhati yang baik. Dan, aku suka senyummu, dan tentu suka juga sama bulu mata lentikmu..:)

Efendi S Wirateruna (Teknik Fisika 10)
Hwaaa, ada Pepen Marupen Mupen, semoga kamu nggak melupakan panggilan kesayangan dari kami untukmu ya pen, hehe..:)  Pepen nih orangnya keliatannya ga bisa serius, eeh tapi sekalinya serius pada takut semua deh, haha...:D jaga kesehatan pen , biar ga sakit-sakitan. Rumahmu jauh lhoo..:D –apa hubungannya?- Dan seperti yang sudah sudah, terimakasih buat pepen atas kontribusinya dan kerjasamanya selama ini. I know, you can bebetter than this..:) Oiya, slayer ijokuuu, balikiin..>.

Eka Damayanti (Sastra Indonesia 10)
Mbak Dama jarang keliatan ee, sibuk banget ya mbak? Sibuk banget ya mbak? Jangan capek-capek lho, sampe sakit gitu. Kemarin nggak ikut LA-LC kan juga karena kondisi tubuhny alagi drop ya? Meskipun jarang bersua, tapi aku yakin hatimu tetap ada di Maksimal. Buktinya sampe bikin puisi khusus buat Maksimal lho..:) Mbak Dama ini pinter nulis lho teman-teman, jadi kalo mau belajar nulis cerpen ato puisi ato essay yang bagus, bisa deh sering-sering ngobrol sama mbak yang baik hati ini. Aku minta maaf kalo selama kita berinteraksi ada sikap atau kata-kataku yang menyakitkan hati. Terimakasih atas perjuangan dan dedikasinya selama ini di Maksimal. Semoga ukhuwah kita semua nggak putus sampai disini ya say..:)

Farisya Yuni (Sastra Prancis 10)
Ambo ingin terbang ke Minang, Uni (sotoy banget dah..:D), yaa kira-kira gitulah logatnya si cantik dari padang yang biasa dipanggil Icha ini. Meskipun kuliahnya di jurusan bahasa perancis, tak lantas membuat lidahnya jadi bengkok-bengkok trus ga bisa cengkok padang lagi, haha..:D Aku seneng liat Icha senyum, rasanya semua akan baik-baik saja. Oiya, kamu juga lebih pantes pake rok cha, secara wajahmu tuh minang banget..:p Maaf ya kakak kalo saya punya banyak salah sama kakak, dan terimakasih banyak sekali untuk semuanya, untuk semua semangat positif dan bantuannya selama ini. Icha baik banget deh..:)

Febrianti Tri Puspitasari (Farmasi 10)
Febriiiiiii...>.< kangen berat niih... ayuk kapan kita makan bareng lagi,,>.< Teman-teman, asal kalian tau ya, Febri ini bener-bener pendengar yang baik, baiiiik banget deh..:) cocok banget jadi pahlawan P3K, looh, haha, yaa kan maksudnya sabar banget nggak kayak aku yang grasa-grusu gituu..:) Cewek Magelang yang cantik dan kalem ini adalah orang pertama yang akan aku temui kalo aku bermasalah –lagi-, ceileee, berasa psikolog ga Feb?:p Anyway, maaf banget ya Febri sayang kalo aku udah ganggu hidup kamu dengan semua masalah aku –kayak apa aja-, dan sungguh, aku tak bisa menakar sebesar apa rasa terimakasih yang harus aku sampaikan padamu, sahabat..:) Semoga kita dipertemukan dalam keadaan yang lebih baik daripada terakhir kali kita ketemu kemarin..:)

Miftahush Shirotul Haq (Peternakan 10)
Yak inilah motivator kami semua. Sungguh jika kalian tahu jalan hidupnya yang tak hanya berliku tapi juga menikung, menanjak, terjal, belok-belok, jurang di kiri kanan, lhoo kok?:D nggak sih, maksudnya hidupnya sobat hebatku satu ini tuh nggak semulus yang terlihat dari sikap santainya dan senyum gembiranya. Bener-bener kayak sinetron deh ceritanya, kapan-kapan kalian harus mewawancarainya, karena dari ceritanya ini kami semua mendapat banyak sekali pelajaran berharga, the main point is always say Alhamdulillah, selalu bersyukur atas apapun yang telah diberikan Allah kepada kita. Terimakasih tak terkira untukmu Miftah, motivator dan inspirator sejati kami. Jaga kesehatan ya bapak..:)

Muhammad Ilham Noor Akbar (DTE 10)
Aa, kumaha damang? Kunaon ieu teh bajuna? Yaap, Aa’ Ilham ini jajaka Sunda, asli Tasik mameen..:D kayaknya Cuma di Maksimal ya dipanggil Aa’? yaa pokoknya itu panggilan sayang kami semua buat sosok Ilham yang sudah menjadi kakak yang begitu baik dan mengayomi ‘adik-adik’nya yang bawel ini. Aa’ nih kalem dan santun banget lho orangnya, ibu-ibu nggak bakal nyesel deh kalo punya mantu dia (promosi og piye..:p). Nggak pernah marah, sabaaar banget, perhatian, cepet ngambil tindakan, murah senyum sekali dan hampir nggak pernah kedengeran ngeluh. Duuh, aku benar-benar banyak belajar darimu, A’. Terimakasih, sungguh terimakasih sebesar-besarnya untuk teladan yang kau berikan, kerja cerdas, kerja ikhlas dan semangatmu benar-benar membekas di hati kami semua..:)

Fathiya Rahma Arfira (Biologi 10)
Naah, ini dia tipe-tipe muslimah tangguh, gimana enggak, muslimah pake rok dan kerudung panjang, tapi fight banget lhoo, ada dimana-mana, kalo bahasa biologinya mah kosmopolitan –emangnya bakteri?-, haghaghag..:D Fathiya aktif banget, ngiri deh aku. Manajemen waktu, hati dan imannya keren. Kami semua musti banyak belajar dari kamu nih say. Terimakasih untuk semua nasehat dan bimbingannya. Tetep pertahankan sikapmu ya, buktiin kalo buat jadi muslimah yang perfect itu ga perlu eksklusif, justru harus inklusif..:)

Nur Puji Lestari (Teknik Industri 10)
Eeh, keciiil... haghaghag..:D maap yee Puji, udah biasa aku Bully kan?:p Puji ini kecil-kecil juga cabe rawit versi cewek (yang cowok kan ardi, ahahaha..:D), baru aja kemaren doi menang dalam lomba KGT yang diadakan PPKB. Ini nih bisa dikatakan soulmate gw, udah kayak sendal kanan sama sendal kiri, ga bisa dipisahkan, kecuali yang satu mau selingkuh, kayak sendal yang beda warna kanan-kiri itu (aku nyebutnya sendal selingkuh..:p). Tapi inget lho say, meskipun kamu sibuk dimana-mana, badanmu tetep butuh diperhatiin, ada hak yang harus kamu penuhin. Jangan sakit lagi ya, sehat itu mahal lhoo..:) Terimakasih banyak untuk komitmen dan kerja kerasnya selama ini, aku harap kita tidak berakhir sampai disini..:)

Risvandi Dwi Setyawan (Psikologi 10)
Hey Cak, Arek Tulungagung iki piye kabare? (ngomongnya pake logat Vandi yang keras cetar membahana banget) hihihi..:p Mungkin karena doi ini asli Tulungagung tulen, yaa begitulah logatnya, niatnya sih enggak marah, enggak ngebentak, tapi tetep aja di telinga kami itu ngebentak. Aku sih yang sama-sama dari jawa timur bisa memahami itu, tapi yang lain masih butuh penyesuaian. Tapi alhamdulillah lama kelamaan kamu bisa memanage ‘logat’mu dengan baik. Hehe, makasih ya udah mau berubah demi kami, ceileee..:D Oiya, berusahalah bersikap setenang mungkin bro, meskipun lingkungan keras ke kita ga berarti kita harus keras balik ke lingkuungan kan? –ngomongapasih?:D- Overall, aku mau bilang maaf yang sebanyak-banyaknya buat korlap LALC Maksimal ini, aku bener-bener nggak bisa bantu secara maksimal acara LALC kemarin, kamu tahu lah kenapa..:) Dan tak lupa berjuta terimakasih sudah sabar menghadapi partner kerja seperti aku..:) Terimakasih sudah menjadi saudara se-Jawa Timur yang baik dan mendukungku..:) Semangat Van..:)

Rosita Mardiyanti (PSDK 10)
Speechless, aku kehilangan kata-kata untuk mendeskripsikanmu say. Terlalu luar biasa. Kata-katamu selalu tajam dan langsung mengena, blak-blakan, tapi nggak terdengar menyakitkan. Aku harus banyak belajar darimu, Sita. Titipan Allah dijaga baik-baik ya say, diberikan kepada orang yang bener-bener tepat ketika tiba saatnya nanti..:) Pengen deh kapan-kapan maen ke rumahmu, pasti seru, yuk yuk maksimal nginep di rumah Sita..:) kan kita mau bikin Girls session..:) at last, maaf maaf maaf tak terhingga untuk semua kesalahanku yang menyakitkanmu, dan terimakasih tak terkira untuk semua pelajaran, nasehat dan teladan yang kamu berikan selama ini..:) I Love You, Cz Allah..:)

Sartika Intaning Pradhani (Hukum 10)
Kaka, berawal saat sekelompok denganmu di Outbond Inisiasi SP2MP, hingga keterusan di Palapa sampe Maksimal, aku sudah menduga, You’re Amazing, luar biasa. Lincah, aktif, gesit dan licin banget kayak belut, masyaAllah, kayaknya energimu gak ada habis-habisnya ya? Mahasiswi Hukum ini setipe sama Sita, blak-blakan banget orangnya, tapi aku suka banget cara penyampaianmu yang nyantai, cool dan kalem banget sehingga nggak kerasa sakit di telinga maupun di hati, tapi langsung door, tepat sasaran, i like your style..:) Terimakasih sekali untuk inspirasi dan motivasinya, semangatmu bener-bener perlu ditiru..:)

Ula Aulia Fitrian (Biologi 10)
Apa yang bisa aku katakan untuk sahabat, saudara paling baik seIndonesia raya? Saudara yang selalu ada saat aku butuh, saudara yang selalu mengingatkan kepada kebaikan, saudara yang selalu menyediakan tenaga dan pikirannya untuk mendengarkanku, menyediakan kamar bahkan kasurnya untuk aku menginap. Saudara yang baik hati, lembut, selalu khusnudzon, ramah, penyayang, cantik dan dermawan ini? Subhanallah, Allah benar-benar memberikan anugerah terindah kepadaku karena telah mempertemukanku dengan saudara sesempurna dirimu,:)-. Semoga Allah menjaga hati-hati kita untuk tetap bertaut dalam mawaddahNya. Tak ada lagi yang bisa aku sampaikan, selain maaf yang sebesar-besarnya dan terimakasih sebanyak-banyaknya untukmu, biar Allah yang membalasnya, dengan balasan yang lebih indah..:)

Whinda Dwi Saputri (Psikologi 10)
Duuuh Whinda whinda, kantung matamu itu lhoo, bikin aku pengen nangis. Mbok kamu jangan kurang tidur..:( Tapi sobatku yang satu ini jagoan banget, tanya deh ke Psikologi, siapa yang nggak kenal Whinda, nggak ada, kalo ada berarti nggak gaul –maksa banget..:p-. Yaa intinya sobatku satu ini bener-bener keren laah. Pinter, konsisten dan cerdas. Meskipun –sama kayak aku- suka galau masalah B***t B***n, tapi no problem, kami masih bisa hidup bahagia, nanananana..:D Makasih banyak ya say untuk semua kata-kata motivasinya, tips-tips mengatasi ‘galau akibat tiiiiit’ dan lain-lain yang banyaak banget. Aku bener-bener banyak belajar dari kamu, Whin. Jangan kurang tidur, kurangi makannya aja, *ups..:D haha, just kid whind, piiss.-.-v

Maka sekarang izinkan aku mengurai air mata, air mata rindu, rindu akan semangat-semangat kalian kawan. Rindu akan kebersamaan kita. Rindu tawa kalian. Rindu senyum semangat kalian. Rindu suara ketawanya Bisma, rindu nyanyian SO7nya Aa’ Ilham feat Vandi, rindu guyonannya Anggit yang konyol, rindu suara manjanya Icha, rindu suara cemprengnya Amel, rindu ketegasannya Sartika, rindu logat inggrisnya mas Budi yang kacau, aku benar-benar rindu semuanya. Dengan kalian, aku benar-benar menemukan hidupku, aku menemukan diriku ada dan utuh. Bersama kalian, aku tahu arti kebersamaan, aku tahu arti kasih sayang dan cinta tanpa syarat kepada saudara seperjuangan.

Akankah kita berakhir sependek umur Training Maksimal,, saudaraku??



Niqlaaa *Agen 008*:D

Kebersamaan saat Training MAKSIMAL di Akademik TNI Angkatan Udara, Yogyakarta  :)

2 komentar:

Aa Miftah mengatakan...

Yuk kumpul.. :D

Merlina Frandez mengatakan...

I Like it !

Furniture Rotan Sintetis

Posting Komentar

komentar untuk sesuatu yang lebih baik

Template by:

Free Blog Templates