Selasa, 18 Februari 2014

J.A.P.A.N I am Coming… ^^

Unforgettable Experience, 8 days Visited JAPAN

Alhamdulillah pada tanggal 5-12 Februari 2014 diberikan kesempatan oleh Allah menginjakan kaki dibelahan bumi yang lain. Dengan usaha, doa, ikhtiar dan perjuangan yang luar biasa akhirnya berangkatlah saya ke jepang untuk menghadiri International Conference 11th Hokkaido Indonesian Student Association Scientific Meeting di Hokkaido University, Sapporo, Japan.
Tanggal 4 Februari, pagi hari saya berangkat dari gresik ke stasiun gubeng Surabaya. Jadi kondisinya waktu itu saya sedang Kerja Praktek di PT Petrokimia Gresik, untuk periode 3 Februari-28 Februari 2014. Astaga.., baru ikut diklat satu hari, besoknyaa langsung izin mau ke jepang. Alhamdulillah dari pihak DIKLAT petro dan mentor KP ku mengizinkan saya pergi. Sekitar jam 12.00 saya berangkat naik kereta Gaya baru malam dari stasiun gubeng Surabaya ke stasiun Jakarta Kota. Ya Allah.. ini pertama kalinya saya naik kereta sendirian ke Jakarta :’) biasanya kalo ke luar kota pasti ada temennya. Sedikit rasa takut sih ada, tapi semuaa rasa takut itu hilang ketika di kereta bersebelahan sama cewek dan cowok yang sebaya sama saya dan bertujuan di Jakarta juga. Jadi sepanjang jalan ngobrol dan saling bully.hhihi..
Sampai di Stasiun Jakarta kota tanggal 5 Februari jam 03.00 pagi.., karena Commuter Line (KRL) baru beroperasi pukul 06.00, akhirnyaa saya memutuskan untuk duduk dulu di stasiun. Sebenarnya ngantuk banget, tapi ga mungkin tidur karena barang2ku yang banyak sekali ga ada yang jaga. Akhirnya saya ajak ngobrol aja ibu2 yang duduk disampingku, biar mengurangi rasa ngantuk :D
Akhirnyaa KRL rute Jakarta kota ke bekasi jadwal keberangkatan telah tiba.., saya naik KRL turun di stasiun Cikini di daerah Jakarta pusat, karena ingin mampir dulu di kos mbak tukah TF 09 untuk istirahat sebentar. Karena penerbanganku masih nanti malam jam 20.25. istirahat di kos mbak tukah sendirian.., hiks… krn mbak tukah harus kerja. Akhirnya kunci kosnya dititipin ke saya..hhahaha.. Alhamdulillah bisa istirahat dengan nyenyak dari jam 07.00-10.00 hhehe.. setelah itu mandi,makan, dan ngeprint berkas untuk konferensi. Setelah semua beres., langsung lanjut petualangan selanjutnya yaitu kembali ke stasiun cikini untuk naik KRL menuju stasiun gambir. Ya Allah.., diluar dugaan, ternyata KRL sedang bermasalah dan macet di daerah stasiun manggarai.. rasanya sedih sekali, takut terlambat sampai bandara. Akhirnya kuputuskan untuk naik bajaj seharga 12.000 sampai ke stasiun gambir. Dari stasiun gambir naik DAMRI menuju bandara Soekarno-Hatta dengan tiket seharga 30.000. pada waktu itu jalanan lagi gak macet, sehingga bisa cepat sampai bandara. Sampai di bandara sekitar jam 15.30, karena penerbangan masih jam 8 malam, akhirnyaa saya contact dulu temen UI yang sudah di bandara. Sekitar jam 17.00 akhirnyaa barulah datang si atik dan RJ yang menenteng banyak tas ransel .hhoho.. semangaaat :D
Akhirnyaa kami check in di terminal 3 Air asia dari Jakarta menuju bandara Kansai (Osaka). Ya Allah.., saya sangat bersyukur sekali. ini perjalanan pertama saya ke luar negeri. Dan sudah bermimpi sejak lama ingin ke jepang, dan akhirnyaa Allah mengabulkan tahun ini bisa ke jepang. Sebelum boarding dan masuk ke gate, saya di telpon orang tua saya. Sekalian saya izin dan memohon doa semoga diberi keselamatan sampai tujuan. Ya Allah rasanya pingin nangis.., berharap suatu saat nanti kita satu keluarga bisa ke luar negeri bareng.., umroh bareng :’) Amiin..

Saat menunggu di Bandara Soetta,jakarta

Akhirnya.., tibalah pukul 20.25 pesawat kami take off meninggalkan Jakarta menuju kuala lumpur, Malaysia. Kami sampai Malaysia pukul 23.00 WIB, kami penerbangan selanjutnya pukul 01.00 ternyata waktu Malaysia lebih cepat 1 jam dari Jakarta. Kami salah duga.., :’( akhirnyaa dibantu oleh petugas security yang baik sekali, kami disarankan untuk langsung boarding dan masuk imigrasi karena penerbangan sebentar lagi.  Sekitar pukul 01.00 waktu Malaysia, pesawat take off menuju Bandara Kansai (Osaka).

Saat tiba di Bandara Kuala lumpur, Malaysia
Sampai di Osaka sekitar pukul 08.30 dan langsung boarding lagi karena penerbangan selanjutnya pukul 10.30. karena bandara kansai besar sekali.., kami cukup bingung alurnya :’) dan petugas bandara dijepang juga banyak yang tidak bisa bhs inggris.., akhirnyaa kami berkomunikasi dengan petugas bandara memakai bahasa inggris sekaligus bahasa tubuh..hhahha.. ternyata maskapai PEACH yang akan kami tumpangi berada di terminal 2., akhirnya kami naik bus bandara, dari terminal 1 menuju terminal 2. Saat kami mau check in di PEACH, layarnya pake bhs kanji smua. Dan kita gak ngerti..hhahaha.. akhirnya dibantuin sama petugas peach untuk check in. alhamdulllah kami gak terlambat masuk gate. Tepat pukul 10.30 pesawat lokal jepang bernama PEACH take off menuju Bandara New Chitose, Hokkaido.. di sepanjang perjalanan dr Bandara Osaka menuju Bandara New Chitose saya gak tidur karena pemandangannya bagus sekali, karena nyebrang pulau sehingga sepanjang perjalanan adalah lautan. Subhanallah sekali.. :’) dan ketika pesawat mau landing di Bandara New Chitose. Begituu banyak salju yang ada di Hokkaido.., pemandangan yang sangat luar biasa. :’) karena saat di Bandara Osaka tidak ada salju sama sekali, tapi hawa dinginnya tetap menusuk sampai tulang. :D

Penerbangan di atas laut, menuju Bandara New Chitose, Hokkaido
Alhamdulillah sekitar pukul 12.30 kami sampai di Bandara New Chitose, Hokkaido, Japan. Sampai di bandara kami langsung dicegat polisi bandara.., diintrogasi dulu hheheh.. ditanyain paspor dan visa hhohoo.. *krn orang yg memakai jilbab berada di jepang itu sangat sedikit sekali, sehingga polisi langsung mengintrogasi bagi yang bukan warga jepang terutama yang berjilbab.hhoho.. Dan kami dijemput di bandara oleh temen kakakku namanya mbak sanaz, yang memang sblmnya saya udh contact mbak sanaz. Beliau baik sekali.., hhihii.. terima kasih mbak J  perjalanan selanjutnya dari Bandara ke kota Sapporo kami naik JR (Japan Railways) yaitu salah satu kereta di jepang. Di jepang ada 3 jenis kereta, ada Subway (kereta bawah tanah), JR dan yg paling cepet dan mahal adalah Shinkansen..hhehe. klo dijepang smua serba pake mesin, kita beli tiket aja pake mesin. Jadi mereduce tenaga kerja..hhoho.. harga tiket JR dari bandara New Chitose ke Sapporo adalah 1040 Yen. ( 1 yen = 118 Rupiah) duuh nilai Rupiah jika diluar negeri itu, rendah banget harganyaa :’(
Disepanjang naik kereta JR.., waaahh subhanallah disambut turun salju., seperti bermimpi *kucek mata berkali2* benarkah ini jepang? Terima kasih ya Allah.. Sepeti di negeri dongeng.., jalanan semuaa putih, gara2 tertutupi oleh salju. Bangunan rumah yang unik seperti di negeri dongeng. Sekitar jam 15.00 Waktu Jepang, sampailah kita di JR stasion Sapporo.., waaww stasiun aja seperti mall, besar banget  3-4 lantai. Beda banget sama diiindonesia. :D

Makan bareng di stasiun JR bersama mbak sanaz :D
Di stasiun kami langsung makan dulu karena kelaperan, saya pesan udon dan teh ocha :D waaw porsinya besar banget.., dan akhirnyaa ga hbs :’) stlh selesai makan, kami jalan kaki menuju hostel kami. Nama hostelnya “ Sapporo Youth Hostel” tempatnya strategis krn deket dengan JR, Hokkaido university, odori, dll. Harga per malam (3150 yen) sekitar 400 rb rupiah. Waah mahalnyaa.., tapi itu yang paling murah di jepang :’( dari stasiun JR menuju hotel dengan jalan kaki diatas salju rasanya dingin sekali, apalagi saya sambil membawa koper. Jaket sudah berlapis-lapis tetap saja dingin.. karena saya gak memakai sepatu boot, jdnya licin dan takut tergelincir. Akhirnyaa setelah jalan kaki melewati 4 kali perempatan lampu merah., sampailah kita di hostel lalu check in utuk 4 malam dg harga 12.400 yen (1,5 juta). Ya Allah uangku bisa hbs untuk bayar hostel :’( langsung sampai kamar kita istirahat.. :D betah di dalam kamar karena ada heatenya.., dan view yang bs dilihat dari kamar kita adalah kantor di sebelah hotel dan jalanan yang penuh dengan salju. WELCOME to HOKKAIDO ^_^